Museum Tertua di Indonesia Kini Terlantar

Museum Radya Pustaka , Purwakarta
Diusianya yang ke-122 tahun, Museum Radya Pustaka yang dibangun sejak 1750 silam masih jauh dari ideal.Kondisi ini dapat dibandingkan dengan museum-museum lainnya di Indonesia.

Selain banyak koleksi museum yang hilang akibat dicuri, konstruksi bangunan yang didirikan di atas status kepemilikan tanah yang tidak jelas, juga tidak mendapatkan perhatian sama sekali dari pemerintah pusat. Ironisnya, renovasi yang diagendakan pemerintah dengan anggaran Rp3 miliar belum dapat terlaksana dengan baik.

"Rencana renovasi sudah siap, tapi terus terang masih terkendala status tanah. Bangunan Radya Pustaka ini kan masuk di atas lahan Taman Sriwedari yang hingga kini masih dalam sengketa antara pemilik tanah dengan Pemkot Solo," ujar Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo, di sela peringatan ulang tahun Museum Radya Pustaka, Solo, Jawa Tengah, Senin (29/10/2012).

Menurut Rudy, Museum Radya Pustaka sudah menjadi aset negara karena termasuk kawasan cagar budaya. Jadi, untuk meronovasi bangunan fisiknya tak akan serumit jika masih menjadi milik perseorangan.

Sementara, untuk mempercepat proses renovasi, Komite Radya Pustaka berjanji akan segera mengurus status tanah kawasan museum. "Minggu depan kita segera urus, ini kita siapkan dulu. Harapan kita, tahun ini juga akan selesai sehingga renovasi museum akan bisa segera kita lakukan," tandas Jaka Darjata, Sekretaris Komite Museum Radya Pustaka. 

1 komentar:

  1. Berbagi Kisah, Informasi dan Foto

    Tentang Indahnya INDONESIA

    www.jelajah-nesia.blogspot.com

    ReplyDelete

" Terima Kasih Telah Berkunjung Kemari "
Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda semua .